Rekayasa Perangkat Lunak

Visi dari Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah 

Menjadi pusat penyelenggara pendidikan menengah kejuruan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (smart technology) yang menghasilkan tenaga Software Enginnering tingkat menengah yang memiliki Keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berahlak mulia, berkarakter dan berintegritas tinggi di bidang informasi dan komunikasi.

Misi dari Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah:

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai keunggulan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang dilandasi keimanan dan ketakwaan.

  2. Mendidik siswa mengidentifikasi serta melakukan reparasi software dan hardware untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

  3. Membekali peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  4. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

  5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja maupun industri kreatif di bidang Teknologi Informatika kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

  6. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang IT.

Tujuan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah:

 

  1. Membekali siswa dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, terampil dan mampu bersaing dalam bidang Teknologi dan Informatika Rekayasa Perangkat Lunak.

  2. Menghasilkan tenaga programmer komputer handal di berbagai bidang yang mampu ditempatkan di semua sektor yang berhubungan dengan Informasi Teknologi Komputer baik di institusi pemerintah ataupun swasta

  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  4. Menjadikan agen tenaga kerja, agen enterpreuner yang terampil, mandiri, kompetitif dan mampu mengisi keperluan tenaga Rekayasa Perangkat lunak di Kalimantan khususnya dan secara nasional pada umumnya.

  5. Memberikan layanan kepada masyarakat kegiatan teknologi informasi dan komunikasi kepada sekolah menengah kejuruan negeri/swasta dilingkungan kota banjarmasin 

  6. Mengembangkan dan memberikan warna yang berbeda pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak yang berkolaborasi dengan bidang kesehatan.

Berikut adalah rincian unit kompetensi atau uraian tugas yang tertera pada Skema Sertifikasi II Bidang Rekayasa Perangkat Lunak:

NO

Kode Unit

Unit Code

Judul Unit (Unit Title)

 

KOMPETENSI UMUM DAN INTI

1

LOG.OO01.001.01

Melakukan Komunikasi Kerja Timbal Balik

2

LOG.OO01.002.01

Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan Kesehatan kerja di lingkungan Kerja

3

LOG.OO01.004.01

Merencanakan tugas rutin

4

LOG.OO02.001.01

Menerapkan Sistem Mutu

5

LOG.OO01.003.01

Melakukan Pekerjaan yang mebutuhkan Kerjasama Tim

6

TIK.OP01.002.01

Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK

 

KOMPETENSI PILIHAN/ FUNGSIONAL

7

J.620100.004.02

Menggunakan Struktur Data

8

J.620100.005.02

Mengimplementasikan User Interface

9

J.620100.007.01

Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan antar Entitas

10

J.620100.009.01

Menggunakan Spesifikasi Program

11

J.620100.010.01

Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa, Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia 

12

J.620100.011.01

Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman

13

J.620100.012.01

Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman

14

J.620100.017.01

Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur

15

J.620100.018.02

Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek

16

J.620100.020.02

Menggunakan SQL

17

J.620100.022.02

Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman

18

J.620100.023.02

Membuat Dokumen Kode Program

19

J.620100.025.02

Melakukan Debugging

20

J.620100.030.02

Menerapkan Pemrograman Multimedia

21

J.620100.033.02

Melaksanakan Pengujian Unit Program

22

J.620100.042.01

Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging,Production)

23

J.620100.046.01

Melakukan Logging Aplikasi





Pemprograman Dasar

NO

Kode Unit

Unit Code

Judul Unit (Unit Title)

 

KOMPETENSI UMUM DAN INTI

1

LOG.OO01.002.01

prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja

2

LOG.OO01.004.01

Merencanakan tugas rutin

3

TIK.OP01.002.01

Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TI

 

KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL

4

J.620100.004.02

Menggunakan Struktur Data

5

J.620100.005.02

Mengimplementaslkan User Interface

6

J.620100.011.01

Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman

7

J.620100.012.01

Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman

8

J.620100.017.01

Mengimplementaslkan Pemrograman Terstruktur

9

J.620100.022.02

Mengimplementaslkan Algoritma Pemrograma

10

J.620100.025.02

Melakukan Debbuging

 

Pemprograman Web

NO

Kode Unit

Unit Code

Judul Unit (Unit Title)

 

KOMPETENSI UMUM DAN INTI

1

LOG.OO01.002.01

prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja

2

LOG.OO01.004.01

Merencanakan tugas rutin

3

TIK.OP01.002.01

Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TI

 

KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL

4

J.620100.004.02

Menggunakan Struktur Data

5

J.620100.005.02

Mengimplementaslkan User Interface

6

J.620100.011.01

Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman

7

J.620100.012.01

Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman

8

J.620100.017.01

Mengimplementaslkan Pemrograman Terstruktur

9

J.620100.022.02

Mengimplementaslkan Algoritma Pemrograma

10

J.620100.025.02

Melakukan Debbuging



Pemprograman Berorientasi Objek

NO

Kode Unit

Unit Code

Judul Unit (Unit Title)

 

KOMPETENSI UMUM DAN INTI

1

LOG.OO01.002.01

prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja

2

LOG.OO01.004.01

Merencanakan tugas rutin

3

TIK.OP01.002.01

Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TI

 

KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL

4

J.620100.004.02

Menggunakan Struktur Data

5

J.620100.005.02

Mengimplementaslkan User Interface

6

J.620100.011.01

Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman

7

J.620100.012.01

Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman

8

J.620100.017.01

Mengimplementaslkan Pemrograman Terstruktur

9

J.620100.022.02

Mengimplementaslkan Algoritma Pemrograma

10

J.620100.025.02

Melakukan Debbuging